Air Terjun Tertinggi Di Indonesia Si Gura - Gura


Air terjun ini terletak sekitar 250 km dari Kota Medan, Airnya dihasilkan dari Sungai Asahan, yakni sungai yang biasa digunakan untuk olahraga arung jeram yang berada pada area sepanjang 22 km mulai dari desa Tangga atau tepat di depan Bendungan PLTA Sigura gura hingga Bandar Pulau yang menjadi muara sungai.

Air terjun ini merupakan salah satu tonggak kehidupan masyarakat di Sumatera Utara karena debit airnya yang cukup besar maka air terjun ini digunakan sebagai penggerak generator PLTA.
 
 
Dengan Ketinggian 250 meter inilah, air terjun ini menjadi air terjun tertiggi di Indonesia. Dengan suasana alam yang masih sangat alami dan tidak salah kalau air terjun ini sangat indah dan sayang apabila anda tidak mengunjunginya. Dengan tipe air terjun yang menuruni tebing, air air terjun sangat jernih dan bersih tidak jarang pengunjung meminum airnya secara langsung.
 
Wisatawan yang berkunjung tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, namun wisatawan dari mancanegara pun banyak yang mengunjungi wisata ini. Tebing yang mengitari air terjun ini sangat licin dan juga terjal. Untuk itu, para pengunjung perlu berhati-hati saat bermain di sekitar tebing.
Selain itu, ada juga hutan rimba yang dipenuhi dengan sejumlah pepohonan yang sangat rindang dan menambah keindahan panorama air terjun ini. Karena airnya sangat deras, pemerintah sekitar memanfaatkannya untuk membangun bendungan untuk menampung air dari air terjun ini.
 

Bendungan ini sangat dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama bendungan sigura-gura. Pemerintah setempat membangun bendungan tersebut untuk dijadikan sebagai tempat pembangkit listrik tenaga air. Karena memiliki aliran air sungai yang cukup deras, air terjun Sigura-gura juga seringkali dijadikan sebagai tempat untuk melakukan arung jeram. Bahkan, di air terjun ini juga sering diadakan sebuah pertandingan arung jeram tingkat internasional dan nasional.
 
 
Kondisi ini disebabkan oleh aliran sungai yang terdapat di sekitar air terjun ini memang sangat potensial untuk dijadikan sebagai tempat melakukan kompetisi ini, apalagi aliran airnya yang sangat deras mampu memacu adrenalin para peserta yang mengikuti kompetisi tersebut.
 
 
 
Sumber 

4 Komentar:

 

ARSIP

Blog ini berisi tentang alam Indonesia, dan semoga ini bisa menambah kecintaan kita terhadap Ibu Pertiwi.

Sobat

Kami menerima foto maupun keterangan mengenai alam Indonesia yang indah, jika ada yang ingin menjadikan sebagai postingan dari blog ini, silahkan kirim via email / facebook.

Kontak

Jika ada kekeliruan dalam hal isi blog ini, harap hubungi kami untuk dan agar bisa diperbaiki.